Wednesday, September 12, 2012

Kupu-kupu dan Bunga

Aku adalah kupu-kupu dan kau adalah bunga.
Kami hidup saling menguntungkan.
Aku menghisap madumu (nektar),
Membantumu dalam proses penyerbukan.
Tetapi...
Aku bukanlah satu-satunya makhluk yang menghisap madu itu.
Ada banyak kupu-kupu lain yang menghisapnya.
Bersaing untuk mendapatkan madu sebanyak-banyaknya...
Aku kalah. Aku tidak mampu mendapatkan madu itu.
Kupu-kupu lain sudah menghisapnya habis.
Kini, simbiosis mutualisme itu tidak lagi terjalin.
Kami tak lagi saling menguntungkan.
Sekarang, aku harus mencari bunga lain
Bunga yang bisa aku hinggapi
Bunga yang bisa aku nikmati sendiri madunya
Tetapi, aku lelah.
Aku lelah mencari tanpa kepastian
Kepastian untuk mendapatkan madu yang aku inginkan.
Sayap ini tak mampu lagi membawaku terbang.

No comments:

Post a Comment